Kisah Perjalanan Satu Dekade

Dua puluh empat November, 2017 adalah hari yang bersejarah bagi KidZania Jakarta. Karena tepat 10 tahun yang lalu, KidZania Jakarta didirikan sebagai edutainment theme park. Konsepnya yang inovatif menjadikan kehadiran KidZania Jakarta sebagai tonggak sejarah penting dalam dunia edukasi dan entertainment bagi anak-anak di Indonesia.

Adalah Ibu Uchu Riza, pendiri KidZania Jakarta, yang jkini menjadi Mentor Minister / Advisor KidZania Jakarta, yang meyakini bahwa masa depan suatu bangsa tergantung dari pendidikan anak-anak di masyarakat. Untuk membuat dunia menjadi lebih baik, adalah suatu tujuan mulia yang harus diwujudkan. Sebuah tempat dimana anak-anak mendapatkan hak-haknya secara adil. Tempat dimana anak-anak bisa belajar dan bermain dengan gembira, mencapai mimpu tanpa batasan dan halangan.

KidZania Jakarta sendiri merupajan yang ke-3 di dunia. Setelah pertama dibangun di meksiko dan jepang. Di 2007, atau tepat 10 tahun lalu, KidZania Jakarta hadir menjadi salah satu pionir, Kini telah ada 24 fasilitas di 19 negara di seluruh dunia.

Selama satu dekade sejak didirikan, KidZania Jakarta berusaha keras untuk merealisasikan mimpi anak-anak, dan akan terus melakukannya hingga puluhan tahun mendatang.

Hingga hari ini, telah lebih dari tiga puluh ribu sekolah telah berkunjung ke KidZania Jakarta. Kepercayaan ini didapatkan berdasarkan konsep KidZania yang berbeda; sebagai edu-theme park yang tidak hanya fun tapi sarat muatan edukasi. Siswa sekolah yang datang pun beragam, dan dari berbagai lapisan sosial di masyarakat.

Ya, di KidZania Jakarta, anak bisa bermain peran profesi secara nyata. Ada 108 profesi mulai dari profesi pilot, bankir, dokter, ahli forensik, hingga belajar menjadi chef, atau bahkan mengenal profesi pesulap dan belajar akting. Profesi-profesi ini di dunia nyata tidaklah mudah, juga tidak murah untuk dipelajari. Populasi masyarakat Indonesia yang tinggi membuat biaya pendidikan maupun berbagai kursus profesi menjadi tinggi. Tidak semua anak di masa dewasanya bisa mendapat kesempatan ini. Tapi di KidZania Jakarta, anak bisa mencoba berbagai jenis profesi, menstimulasi otak dan imajinasi serta memicu hasrat, agar saat dewasa bisa mengejar cita-cita mereka. 

Fakta ini menunjukkan bahwa KidZania memiliki misi sosial untuk mencerdaskan semua lapisan masyarakat. Seperti yang dijelaskan oleh Uchu Riza, “KidZania Jakarta dibangun untuk membantu komunitas pendidikan anak-anak, agar mendapatkan pengalaman bermain dan belajar yang mumpuni, apapun status sosial mereka.” 

Tidak hanya peduli pada perkembangan anak-anak, untuk memajukan komunitas pendidikan secara holistik, KidZania Jakarta rutin melakukan pelatihan bersertifikasi bagi para guru-guru di Indonesia. Setiap tahun, ada sekitar 16 pelatihan dengan masing-masing kelas diikuti oleh 140 peserta guru-guru. Total kini, telah lebih dari lima belas ribu sertifikasi yang dikeluarkan oleh KidZania Jakarta. Hal ini dilakukan agar para guru memiliki kemampuan dan kualitas yang lebih baik lagi untuk mendidik anak-anak Indonesia.

KidZania Jakarta, yang didirikan oleh PT. Aryan Indonesia, dengan Presiden Bpk. Kerry Riza, meyakini bahwa sebagai suatu produk, KidZania memiliki strategi pemasaran yang unik. Sebab tidak sekadar menjual satu produk, namun di dalamnya sarat dengan muatan untuk berbagi ilmu dan keahlian bagi anak-anak, dalam suasana yang bahagia, aman, dan berfokus pada perkembangan anak.

Hal ini tentu tidak akan bisa dilakukan oleh KidZania Jakarta, tanpa kehadiran para partner-partner industri yang memiliki misi yang sama, bersama-sama bergandengan tangan dengan KidZania Jakarta untuk mewujudkan mimpi anak-anak Indonesia. Saat ini ada 45 industri yang menjadi partner, dengan 64 establishment yang ada di KidZania Jakarta. Sebut saja establishment fire department, flight simulator, hingga national investigation agency, serta masih banyak lagi. Semua fasilitas ini dapat tersedia berkat dukungan para partner industri.

Di Ulang Tahun KidZania yang ke-10, tentu saja KidZania menaruh harapan, agar misi “education of all”  bisa benar-benar kian terwujud. Hal ini dibuktikan dengan KidZania Jakarta, yang akan hadir di kota Surabaya pada tahun 2018, bermitra dengan PT. PP Property Tbk.

Berkat bantuan para industri partner dan para komunitas yang percaya bahwa pendidikan itu penting, KidZania Jakarta dengan bangga, hadir menjadi terobosan di bidang edu-theme park. Adalah harapan Uchu Riza dan Kerry Riza, dengan adanya kebersamaan komunitas yang damai, bahagia dan berdedikasi tinggi dalam pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan dan membangun anak-anak Indonesia yang berkualitas baik. “Indonesia akan bisa berdiri sama tinggi, dihormati dan dihargai. Mari kita bersama-sama mendukung agar pendidikan selalu dikedepankan,” Ujar Uchu Riza.

Dalam kurun waktu satu dekade ini, KidZania Jakarta telah  berhasil mendapatkan pengakuan melalui penghargaan yang diberikan oleh lembaga-lembaga terpercaya. Diantaranya berupa 5 kali Marketing Award, sebagai “Best Experiential Marketing” dari tahun 2009 - 2013, dan 2017. Dua kali penghargaan Rekor Bisnis/ReBi sebagai “Theme Park dengan Marketing Partner Terbanyak” tahun 2010 dan tahun 2012 sebagai “Edutainment Theme Park Pertama yang Inovatif di Indonesia”. Penghargaan dari Majalah Mix sebagai  ” Low Budget, High Impact Activation –KidZania Coaching Clinic” dan “PR Program of The Year “ tahun 2010. Penghargaan dari Majalah Time Out 2010 sebagai “Best Kids Venue”. Telah 3 kali mendapat “Certificate of Excellence” dari Tripadvisor pada 2012, 2015 dan 2016. Mendapat penghargaan dari APSAI berupa Pelangi Award sebanyak 3 kali yakni di 2012, 2013 dan 2015.

Hal ini membuktikan bahwa partisipasi, kerja keras, dan hasrat untuk memajukan pendidikan anak Indonesia, diterapkan secara sungguh-sungguh oleh KidZania Jakarta, selain tentunya untuk mempromosikan bisnis inovatif dalam konsep edutainment theme park.

Menutup perayaan istimewa ini, terselip pesan berharga yang ingin disampaikan Uchu Riza pada semua yang bersama memiliki kepedulian ini. “Education is the beauty of human being. Education save lives. Education is the door for success

KidZania, Get Ready for a Better World!

Penyambutan dan foto bersama Partner Industri, dengan Presiden KidZania Jakarta - Bapak Kerry Riza

Penyambutan dan foto bersama dengan Bapak Suhartono Chandra (pakar marketing), dari kiri Weny Santika-Sr. Marcomm Manager KidZania Jakarta, Kerry Riza-Presiden PT. Aryan Indonesia (KidZania Jakarta), dan Faizal Reza-Chief Marketing Officer KidZania Jakarta

Penyambutan Mr. Hernan Barbieri (Perwakilaan Head Quarter KidZania Mexico) oleh KidZania Congrezz Kid

Speech dari Ibu Uchu Riza-Mentor Minister KidZania Jakarta

Speech dari Bapak Kerry Riza-Presiden KidZania Jakarta

Proses penandatangan Marmer oleh Mr.Hernan (KidZania Mexico) dan Ibu Linda (PP Property)

Foto bersama dengan Mr.Hernan (KidZania Mexico) , Ibu Linda (PP Property), Ibu Uchu Riza-Mentor Minister KidZania Jakarta dan Kerry Riza-Presiden KidZania Jakarta

Simbolis pemberian plakat KidZania Jakarta kepada Industrial partner yang bergabung dengan KidZania Jakarta

Acara sesi kedua di KidZania 10th Anniversary di buka oleh penampilan Lifia (KidZania Talent Show)

Raffi Ahmad hadir sebagai tamu undangan di KidZania 10th Anniversary bersama keluarga

Nagita Slavina dan Rafatar juga hadir di KidZania 10th Anniversary bersama keluarga

KidZania 10th Anniversary mengundang juga artis-artis seperti Zaskia Adya Mecca dan Fenita Arie

Gaya Penampilan ceria Melanie Ricardo dan buah hatinya menghadiri KidZania 10th Anniversary bersama keluarga

Foto bersama selebriti Indonesia dengan Host acara KidZania 10th Anniversary oleh Ui Birowo

Sesi Sharing session bersama selebriti tanah air yang dipandu oleh Vera Itabiliana-Psikolog 

 

Inicio